Mengintip Tren Mode Tahun Depan Menggunakan IPMI Trend Show 2021

Suara. com – IPMI Tren Show 2021 kali ini buat pertama kalinya diadakan sepenuhnya pada formal virtual. Namun yang menjadikan, ajang yang diadakan untuk ke-34 kalinya ini mendapat dukungan lengkap dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kemenparekraf.

Mengusung gaya presentasi White Cube yang telah dilaksanakan semenjak IPMI Trend Show 2014, IPMI Trend Show 2021 bakal ditayangkan melalui live streaming dengan tema “Fashion Out While Staying In”.

“Dalam masa pandemi yang efeknya dirasakan oleh semua insan kreatif dalam seluruh dunia dan pastinya dalam Indonesia, kreativitas adalah kunci gaya untuk terus menggulirkan roda perekonomian. Selain itu, IPMI Trend Show merupakan bentuk tanggung jawab para desainer anggota untuk memberikan pengetahuan, arahan, dan
motivasi terkait tren mode yang akan datang. Itulah mengapa kita masih lestari harus menjalankan IPMI Trend Show tahun ini, ” kata Sjamsidar Isa, selaku Ketua dan Jawatan Pembina IPMI, dalam konferensi pers yang dilakukan secara daring, Jumat (21/11/2021).

Salah satu koleksi dari Ghea Panggabean dalam IPMI Trend Show 2021. (IPMI)

Sebanyak 21 bagian IPMI akan berpartisipasi dalam maya fashion show kali ini, yaitu Andreas Odang, Carmanita, Chossy Latu, Danny Satriadi, Denny Wirawan, Didi Budiardjo, Eddy Betty, Era Soekamto, Eridani, Ghea Panggabean, Hian Tjen, Ivan Gunawan, Liliana Lim, Mel Ahyar, Priyo Oktaviano, Rusly Tjohnardi, Sebastian Gunawan, Stella Rissa, Tri Handoko, Yogie Pratama, dan Yongki Budisutisna.

Baca Juga: Cerita Model yang Alami Kerusakan Syaraf, Tak Bisa Tersenyum Sejak Kecil

Dukungan kuat dari Kemenparekraf di masa pandemi tersebut, menurut Nia Niscaya, Deputi Dunia Pemasaran, diharapkan dapat memberi khasiat lebih bagi para desainer anggota dalam mempresentasikan karya mereka, jadi karya mereka semakin dikenal sidang umum dan pendapatannya pun meningkat.

Salah satu koleksi lantaran Ivan Gunawan dalam IPMI Trend Show 2021. (IPMI)

Kemenparekraf juga berharap kalau dengan mengadakan acara ini di format virtual, dapat merangkul lebih banyak massa untuk mencintai & kemudian bangga membeli produk kreatif lokal, terutama fesyen lokal.

Acara Maya Cube yang akan ditampilkan dalam IPMI Trend Show 2021 akan terlihat layaknya presentasi White Cube dalam acara Trend Show dalam tahun-tahun sebelumnya, yaitu kreatif serta menggugah kebanggaan tersendiri bagi dengan berkarya dan yang melihat.

Bekerja sama secara Didi Budiardjo, selaku satu diantara Lembaga Pembina IPMI, Creative Director yang ditunjuk untuk memproduksi serentetan fashion film dalam presentasi ini merupakan Andandika Surasetja.

Presentasi Virtual Cube tersebut juga akan terbagi dalam 4 sesi dimana grup desainer sebesar 5 sampai 6 desainer bakal merepresentasikan tema gabungan “Time” dan juga “Space”.

Baca Juga: Vintage & Unisex, Model Celana Cutbray Balik Digandrungi

Untuk empat video busana film dalam IPMI Trend Show 2021, Andandika bekerja sama dengan sutradara video Alfianus Alvin, Fito Adijaya, dan juga Gilbert March.

“Time” dan “Space” menggambarkan waktu dengan dirasakan dalam ruang gerak dengan terbatas, sebuah cerita yang terinspirasi dari perasaan semua orang dengan merasakan keterbatasan dalam kegiatan keseharian karena pandemi Covid-19. Gambaran tersebut kemudian dikembangkan menjadi sebuah pengkajian mimpi yang membuat karya sejak 21 desainer terlihat layak untuk memulai sebuah realita baru.

Acara IPMI Virtual Cube Trend Show 2021 berlangsung mulai hari ini, tanggal 21 November hingga 22 November 2020, dan dapat ditonton lantaran link https://www.vidio.com/live/7515 mulai pukul 16. 00 WIB.

Comments are closed

Compare