Masih Resesi, Ini 5 Tips Anti Bangkrut Saat Berburu Diskon Harbolnas 12. 12

Pandangan. com – Jika Hari Belanja Sedunia jatuh di 11 November alias 11. 11. Maka Indonesia punya Hari Biaya Nasional (Harbolnas) yang jatuh di 12 Desember atau 12. 12.

Tahun ini Harbolnas 2020 di pusat pandemi Covid-19 dan Indonesia medium mengalami resesi. Nampaknya kita kudu cermat menyikapi harbolnas kali ini, jangan sampai menyakiti keuangan karakter di tengah krisis ekonomi.

“Banyak masyarakat makin perempuan ada obral besar-besaran terlihat fantastis dan menggiurkan buat kita semua. Tapi kalau kita nggak bijak dan hati-hati ini mampu menyakiti keuangan, ” ujar Perencana Keuangan Rista Zwestika, S. Sos, AWP, CFP kepada Suara. com melalui sambungan telepon, Jumat (11/12/2020).

Nah, sebelum harbolnas dimulai simak dulu nih tips anti bangkrut saat 12. 12 melanda dari Rista selaku Konsultan Keuangan di Financialku. com, sehingga setidaknya Anda mampu tetap menikmati hidup dengan mendaftarkan event harbolnas tahun ini.

Baca Juga: Sambut Harbolnas, Uniqlo Hadirkan Fitur Belanja dari Rumah Berbasis Chat

1. Buat daftar belanjaan

Ini faktor utama dan penting, pencegah Anda kalap saat tahu aneka barang diskon. Nah, di menyusun daftar belanjaan perhatikan skala prioritas kebutuhan, bukan keinginan.

“Jadi bagi daftar belanjaan ini berdasarkan rasio prioritas kebutuhan bukan keinginan, siap harus dibedakan mana butuh mana ingin, ” ujar Rista.

Membedakan kebutuhan serta keinginan dengan cara melihat fungsinya, apakah barang yang di rumah benar-benar tidak ada, dan betul vital keberadaan sehingga dibutuhkan, tidak sekedar ingin mengoleksi atau ingin memuaskan hasrat ingin memiliki semata.

2. Buat anggaran atau tentukan budget.

Menangkap Juga: Daftar Diskon Harbolnas 12. 12, Shopee Tawarkan iPhone Murah

Saat sudah pelajaran apa saja barang yang dibutuhkan maka tentukan anggaran yang bisa dikeluarkan tanpa menganggu anggaran tetap lainnya. Anggaran ini harus pada luar dari biaya sehari-hari.

Comments are closed

Compare