Juwarak, Bakwan khas Pontianak Premium yang Lagi Ngehits di Jakarta

–>

Suara. com – Beberapa kudapan asal Kota Pontianak, Kalimantan Barat, kini semakin dikenal dan mampu bersaing dengan penganan lain dari seluruh Indonesia di Jakarta. Salah satunya adalah Bakwan Juwarak yang sedang naik daun di Jakarta, setelah pisang goreng khas Potianak.

Bakwan Juwarak bahkan menyelundup Top 14 Digitarasa dalam agenda akselerasi khusus untuk pengusaha kuliner dari GoJek dan Digitaraya.

Founder Bakwan Juwarak, Wijy Wijaya menuturkan bahwa Indonesia terkenal kaya dengan aneka jajanan, dan bakwan adalah salah satu jajanan khas Pontianak.

Wijy memilih bakwan untuk usaha kulinernya di Jakarta dengan salah satu pertimbangannya, sebab makanan berbahan dasar tepung serta aneka sayuran ini sangat familiar dengan lidah orang Indonesia.

Bakwan Juwarak. (Foto: Dok. Bakwan Juwarak)

“Bakwan asal Pontianak itu punya wujud dan rasa yang khas. Makin untuk menjaga citarasa agar tentu menjadi bakwan yang autentik bermula dari Pontianak, beberapa bahan bakunya didatangkan dari Pontianak, ” ujar Wijy dalam disuksi daring, Sabtu (5/9/2020) dikutip Jarang .

Sudah sekitar setahun Bakwan Juwarak hadir di Jakarta, tepatnya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

Ia menerapkan standar kebersihan dan kesehatan yang tinggi agar Bakwan Juwarak lestari dikenal sebagai bakwan kelas premi.

Ia mempertontonkan bahan baku air menggunakan minuman distilasi. “Tepung menggunakan tepung bernas tinggi. Untuk sayuran seperti kucai, menggunakan kucai khusus dengan nilai terbaik. Dan yang paling istimewa, Bakwan Juwarak digoreng menggunakan minyak goreng sekali pakai dan 100 persen halal, ” urai Wijy.

Sedangkan untuk sambalnya, ia menggunakan jeruk sebagai pengganti cuka. Jadi, sambalnya dibuat sendiri bukan sambal botolan.

Untuk kemasan, Wijy memilih besek guna mengurangi limbah plastik.

Comments are closed

Compare