Jangan Hanya Pakai, Ketahui Arti Etiket Pada Setiap Produk Tabir Surya

–>

Bahana. com – Tersedia banyak produk tabir surya dalam pasaran yang memberi klaim dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Dan meski sinar matahari dibutuhkan tubuh untuk mengaktifkan vitamin D, namun paparan yang berlebihan mampu meningkatkan risiko seseorang terkena penuaan dini, kulit terbakar, hingga kanker kulit.

Oleh sebab itu, penggunaan tabir surya atau sunscreen sangat dianjurkan, tetapi penggunaannya perlu disesuaikan dengan hajat.

Di produk tabir surya biasanya bakal tertulis label tertentu. Label itu sebagai petunjuk bahan yang tersimpan juga kondisi penggunaannya yang lebih efektif.

Dikutip dari akun resmi Instagram Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski), sedikitnya tersedia tiga label pada produk tabir surya yang perlu diketahui. Apa saja?

1. Sport
Kata sport berarti tabir surya dapat bertahan pada kulit yang basah selama 40 atau 80 menit atau tertulis water resistant. Tabir surya jenis itu sesuai digunakan saat berenang atau kegiatan pendakian gunung yang memungkinkan awak banyak berkeringat.

2. Baby
Kata baby berarti menyembunyikan surya hanya mengandung titanium oxide dan zinc oxide sebagai sasaran aktif yang tidak mengiritasi indra peraba bayi dan anak yang terbuka.

3. Sensitif
Tak berbeda jauh dengan arti label baby, dalam tabir surya sensitif juga hanya mengandung titanium oxide dan zinc oxide sebagai bahan aktif. Selain itu juga tidak mengandung pewangi dan hypoalergenik yang aman untuk kulit sensitif.

Ada pun tabir surya yang disarankan Perdoski sebaiknya mengandung broad spectrum atau SPF dengan dapat melindungi kulit dari cahaya UVB dan PA yang mampu memberikan perlindungan dari sinar UVA. PA yang direkomendasikan minimal PA++ dengan kandungan SPF minimal 30.

SPF merupakan indikasi seberapa baik menyembunyikan surya dapat mencegah sunburn. Petunjuk Perdoski, tabir surya bisa dimanfaatkan sebelum pergi keluar rumah.

Comments are closed

Compare