Istimewa! Tips dari Kominfo Biar Perempuan Terhindar dari Kejelekan Siber

Suara. com – Kejahatan siber mampu mengancam keselamatan perempuan. Buat itu, penting bagi perempuan untuk melindungi diri & terhindar dari kejahatan siber.

Itulah mengapa Direktur Metode Kelola Aplikasi Informatika Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Koneksi dan Infromatika (Kominfo), Mariam F Baratam mengingatkan para perempuan untuk waspada.

“Kita sebagai trah perempuan harus lebih aware dalam menggunakan atau men-share data pribadiny, ” ujar Mariam dalam acara pembicaraan virtual Goethe-Institut Indonesien bergabung Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet), Jumat (30/4/2021).

Setidaknya ada 8 langkah yang diberikan Mariam agar para perempuan mampu melindungi data pribadinya di dunia maya, di antaranya sebagai berikut:

Baca Juga: Muhaimin Iskandar Bawa Pemberian Perlindungan pada Pekerja Perempuan

satu. Pisahkan akun pribadi & akun publik

Jika perempuan yang memiliki daya, disarankan memisahkan akun usahanya dengan akun pribadi. Situasi ini bertujuan agar memiliki lingkaran orang terdekat ataupun lingkaran orang hanya untuk keperluan berbisnis semata.

2. Cek dan atur ulang pengaturan privasi

Biasanya pada pengaturan akun, kerap ada berbagai pilihan seperti cuma orang-orang tertentu saja dengan bisa mengomentari atau melihat status yang diperbaharui. Hal ini perlu difilter & disaring agar tidak sembrono orang bisa mengakses dan melihat.

3. Hindari berbagi lokasi real time

Baca Juga: Mumi Hamil 7 Kamar Ditemukan, Pertama Kali dalam Sejarah

Saat itu banyak aplikasi yang menuntut penggunanya untuk terus berbagi lokasi secara langsung ataupun real time. Waspadalah terhadap fitur ini, karena jika dimanfaatkan orang tidak bertanggungjawab bisa melihat lokasi Kamu sepanjang waktu, bahkan mampu digunakan untuk mengintai.

Comments are closed

Compare