Bulan Ramadhan, Ini Tips Tumbuhkan Rasa Empati

Suara. com – Banyak orang seringkali hanya mementingkan intelek kognitif tanpa kecerdasan emosi. Padahal tanpa kecerdasan emosi, atau empati, seorang hendak sulit untuk bisa mengerjakan baik pada sesama.

Terlebih di tengah bulan Ramadhan ini. Membangun rasa empati tentu dibutuhkan untuk bisa selalu hidup berdampingan di tengah perbedaan.

Empati merupakan kemampuan melakoni perasaan dan emosi dengan dialami orang lain dan kemampuan merespons perasaan orang lain. Setiap orang mempunyai kadar rasa empati dengan berbeda. Kabar baiknya, mengalami empati bisa dilatih, lho. Berikut ini 4 cara melatih empati yang bisa kamu praktikkan, seperti dikutip dari keterangan yang diterima Suara. com, Selasa, (27/4/2021).

Membaca

Baca Juga: Empat Dalil Orang Kurang Empati secara Kerabat Terdekatnya, Kamu Tercatat?

Ilustrasi membaca buku (freepik.com/wayhomestudio)
Ilustrasi membaca buku (freepik. com/wayhomestudio)

Sudah enggak ngalamin nonton hidup yang diadaptasi dari roman? Kalau dibandingin baca novelnya notabene kamu merasa kecewa. Kenapa? Dengan tulisan kamu bisa membangun imajinasi dengan lebih liar. Otomatis awak punya kadar kepuasaan yang lebih tinggi saat membayangkan reka adegan yang lebih sesuai dibanding melihat film yang visualnya sudah jadi.

Dengan membaca kamu mampu merasakan emosi dan perasaan karakter yang ada di dalamnya. Maka dari tersebut kebiasaan dan hobi membaca bisa melatih rasa empatimu.

Menonton Film

Hampir serupa dengan membaca, melatih afeksi secara pasif bisa kamu lakukan dengan menonton film. Pernah nggak nonton film tragedi bener-bener mengaduk-aduk emosi macam series Breaking Bad? Tanpa sadar kamu teristimewa diajak berempati dalam berkepanjangan cerita di dalamnya, lho. Kamu juga bisa menonton film dokumenter untuk menambah pengetahuan dan melihat realitas yang ada dalam asosiasi.

Ikut Kegiatan Sumbangan

Baca Juga: Videografis: Cara Mengasah Kreativitas Anak di Tengah Pandemi

Memberi sesuatu untuk orang yang dikenal kira-kira biasa kamu lakukan. Akan tetapi bagaimana dengan orang yang tak kamu kenal? Nah, ikut kegiatan amal serupa bisa kamu lakukan untuk melatih rasa empati.

Comments are closed

Compare