Benarkah Kamu Sudah Punya Sikap Toleransi? Cari Tahu disini

Pandangan. com – Toleransi seakan menjadi topik pembahasan yang tidak pernah usai dan tidak berujung. Terutama oleh anak bujang yang kerap kali mencampur sikap anti-rasisme dan memperlawankan.  

Lalu, bagaimana tandanya saat kamu memiliki tabiat toleransi?

Patuh Staf Khusus Presiden RI Ayu Kartika Dewi, untuk menjadi toleran ada kurang modal dasar yang dibutuhkan generasi muda.  

Prima, mereka harus punya fikrah yang kritis sehingga tidak mudah terpengaruh arus keterangan yang belum jelas kebenarannya.

Mengaji Juga: Terlanjur Semangat Bisnis Anak Muda, ShopeePay Lakukan Gebrakan Itu

Kedua, anak bujang juga perlu memiliki mengecap empati yang hanya bisa didapat jika melakukan interaksi langsung dengan orang-orang dengan berbeda dengan dirinya.

“Semua hal ini harus dilakukan secara intensional dan terus-menerus. Sehingga nantinya ada tala inspirasi yang lebih kuat untuk menggerakkan lebih penuh aksi toleransi menuju Indonesia yang lebih damai, ” papar Ayu dalam webinar perayaan Hari Pancasila beserta Unilever Indonesia, Senin (7/6/2021).

Pada dasarnya terdapat empat level toleransi, lanjut Manis. Yakni, membiarkan perbedaan, menyenangi perbedaan, merayakan perbedaan, & melindungi perbedaaan.

Ia percaya bahwa bersamaan dengan waktu dan kedinamisan dalam bermasyarakat, masyarakat bisa secara sadar mendorong diri sendiri untuk terus naik kelas dalam bertoleransi.

Senada dengan Ayu, Sutradara sekali lalu Penulis Skenario  Naya Anindita merayakan perbedaan yang terdapat di Indonesia lewat susunan filmnya.  

Baca Juga: 3 Tips Langsung Dari ShopeePay Talk Kobarkan Semangat Bisnis Anak Muda

“Dalam film-film hamba, saya selalu memasukkan isu-isu yang pada saat tersebut menjadi concern saya, dan setiap karakter bisa mewakilkan latar belakang dan value berbeda, ” ucapnya.

Comments are closed

Compare